Langsung ke konten utama

Pengenalan Microsoft Word 2010, menu dan fungsi Ms word 2010

Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sering digunakan dan sangat populer pada saat ini. Secara umum Microsoft Word adalah Software untuk mengolah huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, karya ilmiah dan lain sebagainya Software ini berada dalam satu paket Microssoft Office yang berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dan lain-lain.

Perkembangan Microsoft Word

Dari tahun ke tahun Microsoft Word telah mengalami banyak perkembangan. Dimulai dari Microsoft Word 1998, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, dan yang terbaru adalah Microsoft 2013. Dengan perkembangan tersebut Microsoft Word telah menjadi software yang lebih mudah digunakan dan dapat membantu manusia dalam pekerjaannya dengan lebih baik.

Fungsi Microsoft Word

Microsoft Word memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai berikut;
Membuat dokumen dan menyimpan dokumen
Dapat membuat tulisan yang bervariasi
Bisa membuat grafik dan tabel
Membuat surat
Memasukkan gambar
 B. Microsoft Word 2010
 Setelah kita membahas mengenai pengertian, perkembangan dan fungsi dari Microsoft Word, sekarang kita akan mempelajari mengenai Microsoft 2010.

1.  Memulai Microsoft Word 2010

Langkah pertama sebelum anda memulai Microsoft Word, anda harus mengecek komputer apakah program Microsoft Word 2010 ini sudah terinstal atau belum. Jika sudah terinstal, anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan.
Langkah-langkah membuka Microsoft word 2010;
a. Klik menu Start, kemudian arahkan ke All Program.
b. Klik Microsoft Office dan kemudian klik ikon Microsoft Word 2010
c. Sekarang anda sudah membuka Microsoft Word 2010
2. Elemen-elemen pada Microsoft Word 2010
Setelah anda membuka Microsoft Word 2010, anda akan dihadapkan pada lembar kerja Microsoft word 2010. Pada lembar kerja ini terdapat bermacam-macam menu dan ikon. Apa saja menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Word 2010? dan apa saja fungsinya? setelah anda membaca artikel ini anda akan bisa menjawabnya.


a. Quick Access Toolbar, letaknya dipojok kiri atas tepatnya. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masingnya mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol yang satu dengan yang lainnya.
b. Title Bar, letaknya ada dipaling atas, berfungsi untuk menampilkan nama dari dokumen yang aktif.
c. Status bar adalah baris yang berisis keterangan yang menunjukan lembar kerja yang pada saat itu  sedang digunakan.
d. Menu file, adalah menu yang berisi ikon-ikon perintah yang berhubungan dengan pengaturan file dokumen.
e. Scrol Bar, adalah bar yang digunakan untuk menggeser lembar kerja dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan dan sebaliknya.
f. Size Button, digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat dan modifikasi tabel serta menggunakan rumus sederhana di Ms Word 2010

Jalankan aplikasi Microsoft Word, buat tabel sederhana yang terdiri dari 4 kolom dan 2 baris melalui tombol Table di tab Insert. Untuk masing-masing baris, beri nilai dari kolom satu sampai kolom tiga dan kolom keempat biarkan kosong sebagai tempat nilai dari formula yang diterapkan. Klik sel di kolom keempat baris pertama untuk meletakkan I-cursor (I-beam pointer). Untuk menggunakan formula di Microsoft Word, pastikan Anda telah berada di tab Layout (1) dan kemudian klik tombol Formula (2). Di kotak dialog Formula yang muncul, formula default di kotak teks Formula adalah =SUM(LEFT) (1). Untuk sementara, gunakan ini dan kemudian klik tombol OK (2). Sebagaimana di Microsoft Excel, formula akan selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=), SUM() adalah fungsi yang diterapkan dan LEFT adalah argumen posisional. Selain dengan SUM, argumen posisional juga dapat digunakan di fungsi MIN, MAX, COUNT, PRODUCT dan AVERAGE. Selain LEFT, argumen posisional yang lain adalah RIGHT, ABOVE dan BELOW...

Teknik dan panduan menggunakan kutipan dengan citation dan daftar pustaka dengan bibliography

Cara Edit Sumber Kutipan Cari sumber yang ingin diedit dengan cara di atas (menggunakan Manage Sources). Klik sumber tersebut di bagian Master List (bila ingin merubah data di Master List). Atau klik sumber di Current List bila ingin mengubah data di sini. Klik tombol Edit dan lakukan perubahan yang diinginkan. Klik OK bila sudah selesai. Microsoft Word akan meminta konfirmasi apakah Anda ingin melakukan perubahan di Master List dan Current List. Klik Yes, bila ingin perubahan disimpan pada kedua daftar tersebut. Klik No, bila perubahan hanya untuk daftar yang dipilih. Klik Close untuk menutup kotak dialog. Tip: Cara cepat untuk mengedit sumber: klik kutipan pada dokumen dan kemudian klik tanda panah dan pilih Edit Source. Cara Membuat dan Edit Placeholder Kutipan Kadang-kadang kita mungkin ingin membuat sebuah placeholder kutipan untuk menandai posisi kutipan tersebut pada dokumen dan mengisi datanya kemudian. Contoh Placeholder Kutipan Membuat Placeholder Kutipan P...