Langsung ke konten utama

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP serta perbedaan penggunaan fungsi tersebut Fungsi VLOOKUP & HLOOKUP

Fungsi VLOOKUP & HLOOKUP

Fungsi vlookup merupakan fungsi bantuan references. Fungsi Vlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.
Fungsi HLOOKUP

Fungsi Hlookup merupakan fungsi bantuan references juga. bedanya Fungsi Hlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.
Perbedaannya :
VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara tegak lurus / ke bawah (vertikal).
Sedangkan HLOOKUP digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara mendatar (horizontal).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Microsoft Word 2010, menu dan fungsi Ms word 2010

Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sering digunakan dan sangat populer pada saat ini. Secara umum Microsoft Word adalah Software untuk mengolah huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, karya ilmiah dan lain sebagainya Software ini berada dalam satu paket Microssoft Office yang berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dan lain-lain. Perkembangan Microsoft Word Dari tahun ke tahun Microsoft Word telah mengalami banyak perkembangan. Dimulai dari Microsoft Word 1998, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, dan yang terbaru adalah Microsoft 2013. Dengan perkembangan tersebut Microsoft Word telah menjadi software yang lebih mudah digunakan dan dapat membantu manusia dalam pekerjaannya dengan lebih baik. Fungsi Microsoft Word Microsoft Word memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai berikut; Membuat dokumen dan menyimpan dokumen Dapat membuat tulisan yang bervariasi Bisa membua

Menggunakan fungsi logika "IF" dan contoh penggunaannya

Fungsi if pada excel digunakan jika ada pernyataan ekspresi logika yang mempunyai perintah diantara “salah” atau “benar”. penggunaan fungsi IF erat kaitannya dengan fungsi logika atau ekspresi logika. ... Dengan kata lain fungsi IF excel ini akan mengambil suatu kondisi tertentu kemudian menentukan nilai TRUE atau FALSE. CONTOH RUMUS IF EXCEL Berikut Contoh rumus if lulus tidak lulus sebagai contoh penggunaan rumus if tunggal pada excel: =IF(E2>140;"LULUS";"GAGAL") Formula excel di atas melakukan uji logika pada sel E2 apakah nilainya lebih dari 140 atau tidak. Jika bernilai lebih dari 140 maka rumus if akan menghasilkan teks LULUS. Sebaliknya jika nilai E2 tidak lebih dari 140 maka rumus IF akan menghasilkan nilai teks GAGAL. Hasil dari rumus if excel tersebut adalah "LULUS", sebab nilai E2 adalah 150 yang berarti bahwa nilai angka pada sel E2 lebih dari 140. Rumus excel if di atas menghasilkan nilai teks "GAGAL", sebab uji logika pada